Rabu, 27 Juni 2012

Pertandingan Panas Euro



Portugal Vs Spanyol
(Seteru rekan setim El Real)
Oleh :
Firman Jamal

                Perseteruan antara keduanya telah usai dengan kemenangan di pihak spanyol melalui adu penalty. Tim spanyol sukses mengeksekusi 4 gol penalty dari 5 tendangan sedangkan Portugal hanya berhasil mengeksekusi 2 gol penalty. Ronaldo yang dipersiapkan menjadi penendang terakhir urung dilaksanakan setelah cesc fabregas menjadi penentu kemenangan sekaligus menjadi penendang terakhir untuk tim spanyol.
            Dari kilas balik antara pertandingan keduanya, sangat jelas bahwa permainan tiki taka yang sering diusung oleh spanyol menjadi tidak berdaya dihadapan permainan tim Portugal. Tiki taka yang identik dengan umpan pendek dari kaki ke kaki tampak sangat mudah dipatahkan. Di sisi lain kubu Portugal pun tampak sering mengancam gawang iker casillas terbukti dari intens nya sepak pojok yang dilakukan oleh kubu Portugal.
            Proses jalannya pertandingan antara keduanya dapat disimpulkan bahwa permainan tiki taka spanyol sudah dapat terbaca oleh pemain Portugal. Hal ini dimungkinkan karena ronaldo cs yang bergelut di real Madrid telah mengetahui teknik dan penanggulangan dari permainan tiki taka spanyol. Bukan tanpa alasan, dalam pertandingan semalam sangat jelas bagaimana umpan bola pemain spanyol dapat dengan mudah dipatahkan begitupun dengan serangan mengancam yang dilancarkan oleh pemain Portugal.
            Dapat diperkirakan bahwa langkah tim matador akan semakin sulit dan bukan tidak mungkin permainan antara spanyol – Portugal sudah dipelajari dan di analisa secara mendalam oleh serdadu jerman maupun italia. Masih dalam ranah pertanyaan, apakah spanyol masih tetap memainkan tiki taka ataukah merubah strategi permainan sebagai langkah antisipasi apabila system permainan mereka telah terbaca oleh tim yang akan mereka hadapi di babak final.
            Akankah spanyol dapat mengulang sejarah emas mereka di pentas piala eropa ataukah rela menyerahkan tampuk kekuasaannya kepada lawannya? Hasilnya masih sulit diperkirakan karena lawan tim matador masih belum jelas apakah jerman ataukah italia. Hasil final piala eropa ini dapat dianalisa jika hasil pertandingan jerman dan italia telah ditentukan.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar