Selasa, 26 Juni 2012

Punaga Beach



“Punaga”
Pantai Eksotis Yang Belum Terjamah
Oleh:
Firman El Nector

            Mendengar kata pantai. Maka, sudah jelas terbayang dalam benak tentang laut dan ombak serta pesisir pantai yang memikat hati. Pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri akan dikomersilkan dengan menjadikannya sebagai tempat wisata. Di Sulawesi Selatan pun mempunyai banyak objek wisata pantai yang terkenal dan menjadi pusat kunjungan jika hari libur maupun hari raya tiba diantaranya: Pantai Losari, pantai Akkarena, pantai Galesong, dan pantai Pasir Putih Bulukumba.
            Semua yang diungkapkan di atas merupakan objek wisata pantai yang sudah tidak asing lagi kita dengarkan. Namun, mari kita beranjak pada salah satu pantai yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Dialah “Punaga” yaitu pantai yang masih menyajikan suatu pemandangan yang alami dengan kontur pantai yang bervariasi. Di satu sisi berpasir bersih dan di sisi lain terdapat tebing tebing batu yang memikat. Belum lagi dengan laut yang begitu biru dan jernih. Ada beberapa hal yang menarik selain lautan yang biru, pasir yang bersih serta tebing tebing batu. Tetapi juga terpaan angin yang begitu sejuk bahkan tengah hari sekalipun. 

Punaga terletak tidak jauh dari pusat kota takalar yaitu lebih kurang 25 km ke arah barat, berlokasi di desa punaga kecamatan mangarabombang. Akses ke daerah ini juga tidak terlalu sulit. Akan tetapi, akses jalan aspal  yang menghubungkan pusat kota dengan punaga hanya sampai pada gerbang masuk pembudidayaan rumput laut. Setelah itu akses jalan masuk menjadi tidak rata dan sangat membutuhkan perhatian pemerintah karena selain menjadi akses masuk yang mudah bagi para pengunjung tetapi juga sebagai sarana untuk mempermudah aktivitas keseharian warga yang ada di daerah tersebut.
Punaga menjadi salah satu pilihan alternative bagi para pengunjung terutama mereka yang berasal dari daerah jeneponto, gowa dan takalar itu sendiri karena selain masih  menawarkan suasana pantai yang eksotis juga tentunya karena belum menjadi lahan komersil sehingga apa yang nampak betul betul pantai yang alami dan dilengkapi dengan ketersediaan fasilitas penginapan. Para pengunjung pun dapat memesan secara langsung berbagai macam ikan laut dari nelayan setempat untuk disantap bersama dengan keluarga maupun rekan rekan.
            Tidak ada yang tahu pasti kapan pertama kali pantai Punaga ini mencuat ke telinga public. Namun, dapat dipastikan bahwa Punaga secara tidak langsung diperkenalkan oleh penduduk asli yang menimba ilmu di kota kota Makassar dan mereka yang berkelana ke luar daerah. Karena selain pengunjung yang disebutkan dari 3 kota tadi, juga terdapat pengunjung yang rata rata merupakan mahasiswa dari kota Makassar yang mengaku megetahui tentang tempat ini karena informasi dari teman mereka yang berasal dari daerah tersebut. 

            Punaga merupakan salah satu wisata pantai yang sangat memikat dan jika dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat tanpa menghilangkan unsur alamiah yang ada. Maka, akan menjadi suatu asset bagi kabupaten takalar dalam bidang pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar